BPSDM PROVINSI SULAWESI SELATAN

RESMI BUKA ORIENTASI DEWAN, NA : DPRD DAN PEMERINTAH HARUS JALAN BERIRINGAN

Rabu, 28 Agu 2019 | 13:29:09 WIB - Oleh Muharrir Mukhlis


RESMI BUKA ORIENTASI DEWAN, NA : DPRD DAN PEMERINTAH HARUS JALAN BERIRINGAN

Makassar — Gubernur Sulsel Prof Dr Nurdin Abdulah (NA) membuka secara resmi orientasi DPRD di tiga kabupaten masing masing; DPRD Kabupaten Maros, Bone dan Bulukumba, Senin (26/8/2019) di Hotel Ibis Makassar, Jl Jenderal Sudirman, Makassar.

Anggota DPRD di tiga kabupaten ini difasilitasi orientasinya oleh Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Sulsel. Karena memang sesuai dengan aturan BPSDM adalah satu satunya lembaga pemerintah yang wajib melakukan fasilitasi untuk orientsi dewan di 24 kabupaten kota di Sulsel.

Dalam sambutannya, NA menyebutkan bahwa dewan harus selalu membangun
komunikasi yang baik dengan pemerintah setempat.

“Yang  kedua pemerintah juga harus membangun transpransi yang baik karena tak kenal maka tak sayang. Kalau keduanya terjalin dengan baik maka akan tercipta harmonisasi daam pemerinthan,” ujar NA.

Bukan hanya itu, lanjut mantan Bupati Bantaeng ini, tanggung jawab dan tugas dewan bukan hanya sebatas legislasi, budgeting, dan pengawasan, tapi juga harus membantu pemerintah membuka jaringan.

Karena kita tidak bisa hanya mengandalkan APBD saja. “Harus dibantu dengan jaringan. Mari kita kurangi beban APBD,” ujar NA.

Di Bantaeng, kabupaten kecil dengan anggaran besar tapi mampu menggelit, karena menurut NA banyak pihak lain yang membantu. “Jadi bukan hanya APBD ada bantuan lain ada intervensi lain. Karena dewan adalah mitra strategis pemerintah,” ujar NA.

Nurdin Abdullah mengatakan, ke depan ini  dewan di Sulsel harus menjadi role model pemerintahan di Indonesia. “Kinerja dan mitra strategis antara pemerintah dan dewan harus jalan beriringan. Kalau dewan dan pemerintah kompak maka rakyat juga akan kompak,” tutur NA.

Sementara itu, Kepala BPSDM Sulsel Imran Jausi mengatakan, dalam orientasi tersebut, seluruh dewan akan dibekali dengan materi Isu strategis daerah, fungsi tugas kewenangan dan hak hak dewan, hubungan kerja antara DPRD dan Kepala Daerah, wawasan kebangsaan, internalisasi integritas dan lain sebagainya.

“Muatan lokal yang diberikan juga ke dewan adalah sinkronisasi program utama Pemprov Sulsel dan Pemkab se Sulsel,” ujar Imran.

Hadir Bupati Bulukumba Sukri Sappewali, Bupati Bone Andi Fajsar Padjalangi dan pejabat dari Kabupaten Maros.



Sabtu, 31 Agu 2019, 13:29:09 WIB Oleh : Muharrir Mukhlis 8 View
LATSAR CPNS DI BPSDM SULSEL RESMI DILEPAS BUPATI LUWU UTARA
Jumat, 23 Agu 2019, 13:29:09 WIB Oleh : Muharrir Mukhlis 74 View
LATSAR CPNS DIBUKA RESMI WALIKOTA PAREPARE
Jumat, 23 Agu 2019, 13:29:09 WIB Oleh : Muharrir Mukhlis 45 View
MATERI KEDISIPLINAN ASN DI DEPAN PESERTA LATSAR

Tuliskan Komentar