BPSDM PROVINSI SULAWESI SELATAN

DIKLAT PIM II ANGKATN I KERJASAMA PPKPPAII LAN JAKARTA

Kamis, 08 Sep 2016 | 16:46:08 WIB - Oleh Muharrir Mukhlis


DIKLAT PIM II ANGKATN I KERJASAMA PPKPPAII LAN JAKARTA

Kamis, 8 September 2016 Badan Pendidikan dan Pelatihan Provinsi Sulawesi Selatan menyelenggarakan Pembukaan Diklat PIM II Angkatan I bekerjasama Pusat Kajian Pendidikan dan Pelatihan Aparatur II Lembaga Administrasi Negara bertempat di Kampus I Badan Pendidikan dan Pelatihan Provinsi Sulawesi Selatan Jalan Sultan Alauddin No. 105 B. Makassar

Hadir dalam acara tersebut Gubernur Sulawesi Selatan (Dr. H. Syahrul Yasin Limpo, SH., M.Si, MH) , Kepala Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia (Dr. Adi Suryanto. M.Si) dan Plt. Kepala Badan Diklat Provinsi Sulawesi Selatan (H. Irman Yasin Limpo, SH).

H. Irman Yasin Limpo, SH selaku Panitia Penyelenggara melaporkan kegiatan tersebut diantaranya tujuan diselenggarakan Diklat PIM II ini adalah meningkatkan kompetensi Kepemimpinan Pejabat Struktural Eselon II yang berperab dalam melaksanakan tugas dan fungsi Pemerintahan di instansi masing-masing. Kompetensi yang dibangun pada PIM II ini adalah Kompetensi Kepemimpinan perubahan strategis yang diindikasikan dengan beberapa kemampuan. Pertama, kemampuan mengembangkan karakter dan sikap perilaku integritas berwawasan kebangsaan. Kedua merumuskan strategi kebijakan yang efektif untuk mewujudkan visi organisasi dan masih banyak kemampuan yang harus dimiliki peserta Diklat.

Kepala LAN RI (Dr. Adi Suryanto , M.Si) dalam sambutannya mengatakan dalam membangun pemerintahan yang lebih baik harus memiliki proses yang lebih panjang tetapi proses itu belum cukup efektif, harus ada terobosan lain untuk menciptakan inovasi yang bermanfaat bagi pelayanan masyarakat. Setiap unit kerja harus memberikan inovasi, dan setiap inovasi yg dilakukan harus memiliki dampak positif untuk masyarakat. Lanjut dikatakan, kita sebagai aparatur pemerintah harus optimis karena birokrasi berjalan lebih cepat. Oleh karena itu, kita sebagai aparatur yang berada di level menengah tidak boleh kalah. Harus mengedepankan inovasi, lebih banyak pendekatan lagi seperti pendekatan studi kasus dalam mengikuti Diklat ini.

Sebagai kesimpulan, kunci keberhasilan harus memiliki hubungan yang lebih harmonis. Beliau mengatakan dengan ini saya yakin akan berhasil. Kita harus memiliki ide-ide serta gagasan dan juga selama proses pembelajaran ini berlangsung Kepala Badan Diklat harus mendorong peserta agar lulus semua pada angkatan ini.

Sementara Gubernur Sulawesi Selatan juga memberikan sambutannya, beliau juga mengatakan Saya mau Sulawesi Selatan lebih mandiri, lebih abstrak. Sulawesi Selatan memiliki pangan dan papan yang aman. Selain itu, Standar pendidikan harus terjangkau. Pendidikan sudah gratis, kita sudah maju dibanding yg lain, kemandirian Sulawesi Selatan sudah maju. Kata beliau, Mari kita bandingkan dengan yang lain, paradigma kita harus berubah yang lebih regional menjadi internasional.

Saya berpikir bahwa kawasan perdagangan di singapura dibandingkan di Indonesia, bahkan di Indonesia sudah lebih maju. Begitu juga dengan pendekatan di Indonesia harus bertaraf internasional.

Oleh karena itu, kita sebagai aparatur harus melakukan pendekatan-pendekatan yang baru yang tidak hanya mengandalkan ilmu saja melainkan kita harus berkembang dengan beberapa pendekatan lain. Minimal Sulawesi Selatan harus memberi contoh yg lebih baik. Diklat ini tidak boleh kalah dengan Diklat yang lain, diklat ini harus maju dan berkembang agar Sulawesi Selatan dapat berkembang.



Selasa, 06 Sep 2016, 16:46:08 WIB Oleh : Muharrir Mukhlis 163 View
WORKSHOP PENYUSUNAN RKA - BADAN DIKLAT PROV. SULSEL T.A. 2016
Selasa, 06 Sep 2016, 16:46:08 WIB Oleh : Muharrir Mukhlis 160 View
PELATIHAN DASAR MANAJEMEN BENCANA BNPB BAGI BPBD PROVINSI, KAB/KOTA-PROV. SULSEL
Senin, 05 Sep 2016, 16:46:08 WIB Oleh : Muharrir Mukhlis 187 View
PENGAMBILAN SUMPAH PEJABAT PIMPINAN TINGGI PRATAMA

Tuliskan Komentar