BPSDM PROVINSI SULAWESI SELATAN

BEGINI CARA BALI MELAWAN SAMPAH PLASTIK

Jumat, 09 Agu 2019 | 19:14:12 WIB - Oleh Muharrir Mukhlis


BEGINI CARA BALI MELAWAN SAMPAH PLASTIK

Denpasar — Peserta Latpim III Pemprov Sulsel melakukan benchmarking to best practice di Provinsi Bali. Di Bali, peserta melakukan kunjungan ke Badan Lingkungan Hidup (BLH) Bali.

Saat berada di BLH, para peserta disuguhkan materi bagaimana Provinsi Bali melawan plastik sebagai salah satu musuh utama bagi objek wisata terdepan di Indonesia ini.

Banyak pantai yang harus tercemari oleh limbah plastik di Bali. Makanya, BLH oleh gubernur Bali diminta bekerja secara optimal untuk mengurangi sistem penggunaan plastik di Bali.
 
Kepala Bidang Pengelolaan Sampah BLH Bali, I Made Gede Dwi mengatakan saat ini untuk melawan plastik di Bali, gubernur mengeluarkan peraturan untuk pengurangan penggunaan plastik.

Tempat pembelanjaan di Bali dianjurkan tidak menggunakan plastik yang berkali kali pakai. Di beberapa tempat kerja harus menggunakan tumbler atau botol isi ulang yang steril, membudayakan tidak menggunakan plastik dalam setiap aktivitas kehidupan.

“Jadi bukan penghentian, tapi pengurangan penggunaan plastik. Ini juga ditopang dengan pergub,” ujar I Made.

Hasilnya, dalam setahun, Asosiasi Industri Olefin, Aromatik, dan Plastik Indonesia (Inaplas) menyebutkan pengiriman produk plastik ke Bali turun 30-40 persen sejak Januari sampai awal Juni 2019. Hal ini terjadi setelah Gubernur Bali menerbitkan aturan terkait larangan penggunaan kantong plastik, styrofoam, dan sedotan plastik pada Desember 2018 lalu.

Beleid itu tercantum dalam Peraturan Gubernur (Pergub) nomor 97 tahun 2018 tentang Pembatasan Timbulan Sampah Plastik Sekali Pakai.



Jumat, 09 Agu 2019, 19:14:12 WIB Oleh : Muharrir Mukhlis 7 View
PIM 3 SULSEL BM DI BALI
Jumat, 19 Jul 2019, 19:14:12 WIB Oleh : Muharrir Mukhlis 23 View
BUPATI BANTAENG BUKA DIKLATPIM III ANGKATAN 155
Jumat, 12 Jul 2019, 19:14:12 WIB Oleh : Muharrir Mukhlis 34 View
SEKPROV : ASN HARUS JAGA INTEGRITAS

Tuliskan Komentar